manfaat internet

Bisa dikatakan, internet adalah penemuan yang sangat berpengaruh di dunia saat ini. Dengan internet kita bisa menjelajah seluruh dunia hanya dengan menatap monitor sambil mengetik dan menggerakan mouse saja. Akses internet pun kini semakin mudah, tidak hanya komputer atau laptop saja, smartphone dan gadget pun bisa untuk mengakses internet.
Jaringan Komputer ini memungkinkan user untuk memiliki akses yang mudah atas berbagai jenis informasi. Bahkan dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran informasi atau data melalui jaringan
 komputer dapat dikatakan lebih ekstrim. Ia telah banyak sekali mempengaruhi ilmu dan pandangan dunia. Dalam dunia pendidikan, ia memberikan 10 manfaat antara lain sebagai berikut :

1. Sarana mencari informasi

Manfaat Internet yang pertama yaitu sebagai sarana untuk mencari berbagai informasi di dunia pendidikan, yang bahkan lebih update dari buku ataupun perpustakaan. Dapat dikatakan pula bahwa hampir semua jenis informasi mengenai pendidikan dapat anda akses melalui jaringan ini, antara lain seperti materi pelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal dan cara mengerjakannya.

2. Sarana mempermudah pencarian referensi

Manfaat Internet yang kedua yaitu mempermudah user untuk pencarian literatur. Hanya dengan mengetikkan kata kunci (keyword) sesuai dengan keinginan Anda, maka informasi yang terkait atau relevan dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia.

3. Sebagai sarana pembelajaran

Manfaat Internet ketiga yaitu Sebagai sarana pembelajaran bagi para siswa untuk mencari informasi lebih mengenai materi yang belum, sedang atau akan dipelajari di sekolah. Hal ini juga sama berlaku untuk para mahasiswa. Selain itu, ia juga merupakan tempat yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mempelajari berbagai hal baru melalui tips dan trik maupun tutorial mengenai sesuatu hal.

4. Menyediakan fasilitas multimedia

Sebagai penyedia informasi yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan buku. User dapat memperoleh informasi dari jaringan komputer dengan membaca, mendengarkan, dan menonton video. Selain itu, dengan fasilitas multimedia ini dapat membantu memudahkan user untuk lebih memahami informasi yang diperoleh karena adanya tambahan contoh, gambar, animasi dan sebagainya.

5. Penyedia sumber informasi yang relatif murah

Sebagai penyedia sumber informasi yang dibutuhkan yang relatif murah jika dibandingkan dengan membeli buku maupun majalah. Selain itu, juga meringankan beban para siswa maupun mahasiswa yang tidak mampu dalam mencari materi pembelajaran tanpa harus membeli buku yang lebih mahal.

6. Sebagai penyedia sumber pelajaran tambahan

Memungkinkan user untuk memperoleh informasi tambahan atau sumber pelajaran tambahan yang tidak diperoleh di sekolah.

7. Sarana untuk mencari beasiswa

Sebagai sarana untuk mencari beasiswa. Tidak semua informasi mengenai beasiswa dapat anda akses di lingkunga sekolah maupun kampus. Selain itu, anda juga dapat mengakses informasi mengenai beasiswa baik di dalam maupun di luar negeri lebih banyak.

8. Mendorong penguasaan bahasa asing

Memungkinkan user untuk mengakses informasi tanpa batas (unlimited), termasuk berbagai informasi yang penting dan menarik dari luar negeri. Hal ini dapat mendorong user untuk menguasai bahasa asing dengan cara yang menarik, seperti dengan membaca artikel yang disukainya, mendengarkan lagu, menonton berita dalam bahasa asing tersebut.

9. Mendorong kreatifitas dan kemandirian

Dapat memberikan user inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifitas dalam berkarya. Kemudian dapat mendorong dan memotivasi pelajar dalam mengembangkan intelektual untuk penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis ataupun terapan. Selain itu, user yang pandai memanfaatkan jaringan ini menjadi mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkan.

10. Sarana pendidikan jarak jauh

Memungkinkan anda untuk melakukan pendidikan jarak jauh. Bahkan ada beberapa universitas baik swasta maupun negeri yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan para mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, andapun dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak yang jauh dimanapun anda berada selama terkoneksi.

11. Sarana penyimpanan informasi


Manfaat Internet yang terakhir yaitu sebagai sarana penyimpanan informasi. Terkadang, informasi maupun materi pelajaran yang anda catat dalam buku dapat hilang maupun terselip entah di mana. Dengan adanya jaringan ini, Anda dapat menyimpan berbagai macam informasi ataupun materi pelajaran di jaringan dan dapat Anda akses kapanpun tanpa takut kehilangan.

Posting Komentar

0 Komentar