Penyebutan waktu

PENYEBUTAN JAM/WAKTU DALAM BAHASA INGGRIS

 
Ada banyak aspek dalam kehidupan yang termasuk kedalam hal yang Anda pelajari saat belajar bahasa Inggris. Salah satunya adalah saat ada yang bertanya mengenai jam atau waktu.
Pertanyaan “Jam berapa sekarang?” akan langsung Anda jawab dengan mudah, tapi bagaimana jika pertanyaannya “What time is it?” alias pertanyaan dalam bahasa Inggris. Sebagian dari Anda mungkin akan dengan mudah menjawabnya, namun, pasti masih ada yang bingung bukan?
Karena itu, pada artikel ini, akan dibahas mengenai bagaimana Anda bisa menjelaskan dan menyebutkan keterangan waktu atau jam dalam bahasa Inggris. Ada beberapa hal yang harus Anda ingat dan perhatikan dalam menjelaskan keterangan waktu.
jam dalam bahasa inggris
Pertama, Anda dapat menyebutkan jam dengan cara mengucapkan jamnya terlebih dahulu kemudian menitnya. Perhatikanlah contoh berikut:
06.10 : Six ten
07.30 : Seven thirty
09.45 : Nine Forty five
10.09 : Ten o nine
Untuk lebih jelasnya, mari kita coba memasukkannya kedalam sebuah kalimat. Misalnya seseorang bertanya “What time is it” pada Anda, dan saat itu jam menunjukkan pukul 12.10, Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut seperti ini:
It’s twelve ten.”  
Atau Anda juga bisa meminta seseorang untuk meningatkan Anda jika jam sudah menunjukkan waktu tertentu, misalnya:
“Ani, can you remind me to go to the meeting at nine twenty five? I’m afraid I’ll be late.” 

PENGGUNAAN A.M. DAN P.M.

 
Kedua, Anda bisa melakukan kebalikan dari hal pertama. Anda juga bisa menyebutkan menitnya terlebih dahulu dan kemudian mengucapkan jamnya. Jangan lupa untuk menyebutkan kata “past” didalam kalimatnya untuk menunjukkan bahwa menit tersebut telah “go past” atau melewati jamnya. Seperti misalnya dalam bahasa Indonesia, kita biasa menyebut sembilan lewat 2 menit, dalam bahasa Inggris, Anda bisa menyebutnya dengan two past nine, contoh lain bisa dilihat seperti dibawah ini:
05.10 : Ten past five
07.20 : Twenty past seven
09.25 : Twenty five past nine
jam meja
Mari kita coba dalam bentuk kalimat, misalnya Anda sedang menuju sebuah pusat perbelanjaan untuk bertemu teman Anda, namun bus yang Anda naiki terjebak macet dan Anda ingin memberi tahu teman Anda bahwa Anda mungkin akan datang terlambat. Anda bisa mengatakan hal ini:
Sierra, I’m so sorry, it’s twenty past five already but I’m still far from your place, I’m so sorry I’m late.”
Ketiga, untuk menit 31 sampai dengan 59 memiliki sebutan yang berbeda lagi, yaitu dengan menggunakan to. Dalam bahasa Indonesia, Anda biasa menyebutkan jam 5.35 sebagai jam 6 kurang 25 menit, dalam bahasa Inggris, Anda bisa menjelaskannya seperti berikut:
05.35 : Twenty five to six (Jam 6 kurang 25 menit)
08.50 : Ten to nine (Jam 9 kurang 10)
10.45 : Fifteen to eleven (Jam 11 kurang 15)
Jika dimasukkan ke dalam sebuah kalimat, kamu bisa mengucapkannya sebagai berikut:
“You can get there in 15 minutes, so you must go at fifteen to eleven to get there on time.”

Posting Komentar

0 Komentar